Selasa, 15 Juli 2014

Memunculkan Ide Kreatif

VIVAlife - Ide memang bisa muncul dari mana saja. Namun, ada kalanya Anda merasa buntu. Padahal, pekerjaan menuntut munculnya ide-ide cemerlang dan orisinal. Apa yang harus dilakukan?

Jangan paksakan otak untuk terus berpikir. Lebih baik tarik napas dan bersantai sejenak. Setelah itu, Anda bisa mengikuti langkah yang dilansir laman Huffington Post ini untuk mendapatkan ide kreatif. 

Berdiam diri

Di dalam rapat, coba tahan diri. Jangan katakan apapun sampai punya sesuatu yang harus dikatakan. Pantau kondisi, perhatikan bagaimana orang-orang bereaksi terhadap ide-ide lain yang diajukan.

Dengan memetakan keadaan, saat melontarkan ide, Anda sudah paham betul iklim dalam ruangan. 

Mendengarkan

Mendengar ide orang lain bisa berguna untuk Anda. Yang terpenting, simak kalimat terakhir yang dikatakan. Sebab, di situlah simpulan dan penekanannya. Dari situ mungkin Anda punya jawabannya.

Jangan ragukan ide

Yakinlah bahwa ide yang Anda lontarkan sangat berharga. Baik besar maupun kecil, tetap layak mendapat perhatian peserta rapat. Seringkali hal pertama yang terlintas dalam pikiran adalah ide baik.

Menyenangkan diri

James L. Brooks, pecipta kartun The Simpsons percaya, kreativitas adalah tentang menyenangkan diri sendiri, bukan orang lain. Jadi, jangan sekali-kali melontarkan ide yang ingin didengar peserta rapat.

Itu hanya akan membatasi ide. Kembangkan pikiran Anda secara liar, sampai menemukan yang berbeda.

Semua ide bagus

Ada baiknya menganggap semua ide yang ada bagus. Sebab, semua ide memiliki kesempatan yang sama. Bisa jadi ide yang Anda anggap buruk ternyata brilian di mata orang lain. Kuncinya: lontarkan saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar