Minggu, 20 Juli 2014

Mau Sehat, Jalan kaki lah..


VIVAlife - Hidup di zaman modern, gaya hidup seseorang banyak mengalami perubahan. Bahkan, mereka para kaum urban mulai menerapkan pola dan gaya hidup tak sehat.

Kegiatan olahraga mulai banyak ditinggalkan. Bahkan, olahraga yang murah dan santai seperti berjalan kaki pun sudah banyak tak dilakukan.
Karena hal ini, banyak orang muda menderita obesitas, diabetes, terkena serangan jantung, juga banyak yang meninggal di usia muda. 

Dan perlu Anda tahu, sesungguhnya berjalan kaki adalah salah satu kegiatan olahraga yang menyenangkan. Memiliki banyak manfaat kesehatan, aman dilakukan semua kelompok usia yang ingin tetap aktif dan fit tanpa banyak usaha.  

Untuk itu, jika Anda ingin memiliki umur panjang, coba rutin jalani kegiatan berjalan kaki. Agar lebih yakin, Sunita Pathania --ahli gizi dan educator diabetes dari Healthy Living Diet Clinic, Mumbai, memiliki catatan 18 daftar manfaat berjalan kaki untuk kesehatan seperti dikutip laman Times of India:

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Orang yang melakukan kegiatan berjalan kaki secara teratur memiliki risiko menurunkan penyakit jantung, pembunuh terbesar nomor satu di dunia. Selain itu, rutin berjalan teratur membantu seseorang untuk pulih lebih cepat dari serangan jantung.

 2. Meningkatkan kesehatan seksual

Jalan cepat setiap hari dapat meningkatkan kualitas hubungan suami istri.  Berjalan, juga membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah dan dengan demikian mampu menghalau impotensi.

3. Menyehatkan tubuh 

Jika Anda ingin tetap fit dan tidak punya waktu untuk melakukan beberapa aktivitas fisik, cobalah melakukan kegiatan jalan santai saat waktu luang. Kegiatan sederhana ini mampu meningkatkan kualitas kesehatan seseorang.

Apalagi, jika dilakukan secara rutin. Berjalan adalah cara paling sederhana untuk tetap fit. Tak hanya itu, kegiatan ini juga membantu proses penyembuhan seseorang dari suatu penyakit, meningkatkan kesehatan biologis, kesehatan fisik, kesehatan psikososial, dan kesehatan emosional.

4. Olahraga aerobik

Rutin berjalan kaki juga merupakan bentuk olahraga aerobik. Kegiatan ini membantu meningkatkan suasana hati Anda, membuat tubuh lebih bugar secara fisik dan meningkatkan kualitas kesehatan Anda.

5. Mengurangi tekanan darah

Aktivitas fisik seperti berjalan membantu mengurangi tekanan darah tinggi. Seperti diketahui, tekanan darah tinggi dikenal sebagai silent killer. Untuk itu, seseorang harus berjalan secara teratur agar terhindar dari masalah ini. Berjalan membantu untuk meningkatkan aliran darah, sehingga meningkatkan oksigen yang tersedia ke otot, yang membuat pembuluh darah lebih rileks dan membantu untuk menurunkan tekanan.

6. Meningkatkan kesehatan tulang

Berjalan membantu untuk meningkatkan kepadatan tulang dan memperlambat hilangnya tulang dalam tubuh Anda. Latihan sederhana ini sangat efektif untuk tulang belakang, kaki, dan pinggul.

7. Menurunkan risiko diabetes

Rutin berjalan membantu untuk meningkatkan tingkat BMI pada orang dengan diabetes dan memungkinkan efisiensi penggunaan glukosa oleh otot, yang berarti pemanfaatan yang tepat dari insulin dalam tubuh serta membantu untuk meningkatkan tingkat gula darah.

8. Membunuh depresi

Berjalan membantu untuk meningkatkan mood Anda dan dapat mencegah depresi. Selain itu, orang-orang yang berjalan secara teratur dapat melawan depresi lebih efektif.

9. Meningkatkan kewaspadaan

Olahraga aerobik sederhana ini juga membantu meningkatkan kewaspadaan pikiran Anda. Berjalan meningkatkan sirkulasi dan ketersediaan oksigen ke otak, sehingga meningkatkan kewaspadaan. 

10. Meningkatkan kualitas tidur

Berjalan membantu meningkatkan energi siang hari, ini membantu dalam memberikan lebih lama dan lebih sehat kualitas tidur seseorang. Jika Anda ingin tidur lebih nyenyak, coba lakukan kegiatan berjalan sebelum pergi ke tempat tidur. 

11. Membunuh stres

Berjalan mempromosikan kesejahteraan mental, dengan membunuh semua ketegangan dan stres. Jika Anda merasa stres, keluar dari ruangan dan berjalan, kombinasi gerakan dan udara segar akan segera meningkatkan suasana hati  Anda dan membuat rileks.

12. Mencegah keguguran

Berjalan selama kehamilan membantu mengurangi kelelahan dan berbagai masalah yang berhubungan dengan kehamilan lainnya. Hal ini juga membantu untuk menurunkan berat badan dengan mudah dan menurunkan risiko diabetes gestational. Berjalan juga dapat mencegah terjadinya keguguran.

13. Mengurangi lemak tubuh

Berjalan membantu Anda menjaga berat badan yang sehat. Berjalan sekitar 5.000 langkah sehari membantu menurunkan lemak tubuh dan berat keseluruhan.

14. Meningkatkan stamina
 
Berjalan membantu untuk meningkatkan kekuatan otot dan daya tahan tubuh. Kegiatan ini pun membantu seseorang meningkatkan stamina tubuhnya. 

15. Meremajakan diri

Ingin memanjakan diri dan membuat tubuh rileks, tak perlu mengeluarkan biaya yang besar melakukan spa di salon mahal. Cukup rutin berjalan kaki, kegiatan ini juga mampu meremajakan diri sendiri dengan mengurangi stres, kecemasan, dan depresi serta membantu Anda merasa lebih fresh. Berjalan kaki santai sambil menikmati pemandangan benar-benar mampu meningkatkan suasana hati. 

16.  Meningkatkan umur panjang

Berjalan secara teratur membantu seseorang untuk hidup lebih sehat dengan umur yang panjang. Lebih penting lagi, berjalan bisa mencegah seseorang menderita penyakit yang berhubungan dengan usia seperti osteoarthritis dll.


17. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Berjalan kaki secara rutin ternyata juga bisa menghalau serangan virus dan berbagai penyakit seperti pilek, batuk, dan flu. Dengan demikian berjalan kaki meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

18. Mengurangi kolesterol jahat

Berjalan menyusuri jalan juga membantu mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh, sehingga mempromosikan kesehatan jantung. Berjalan membantu untuk membakar hampir 300 kalori per hari, ini secara signifikan membantu menurunkan kolesterol jahat.

1 komentar:

  1. Tiap pagi insyaallah saya rutin jalan pagi sama bintang, anak saya.

    BalasHapus