Sabtu, 03 Maret 2018

5 Transportasi Indonesia Zaman Dulu yang Sudah Punah

Di langsir dari situs wowmenariknya.com, Transportasi Indonesia sudah mulai berkembang sejak zaman penjajahan Belanda dulu. Walau masih sederhana, adanya tansportasi sangat dibutuhkan waktu itu untuk melakukan perjalanan jauh antar kota, provinsi atau bahkan antar pulau.
Indonesia tempo dulu memiliki banyak jenis transportasi yang biasa digunakan masyarakat untuk melakukan melakukan perjalanan jarak dekat maupun jarak jauh. Mungkin hanya golongan orang kaya dan bangsawan saja yang bisa menikmati fasilitas transportasi waktu dulu.
Berikut daftar transportasi Indonesia zaman dulu yang kini sudah punah dan tidak akan pernah digunakan lagi. Meskipun terlihat sangat jadul, tapi transportasi ini sangatlah unik dan mungkin Anda ingin mencoba menaikinya walau tidak akan pernah bisa.
1. Bus Tingkat

Tahukah dulu kalau bus tingkat adalah transportasi primadona masyarakat Indonesia? Ya, tapi itu dulu, sekarang bus tingkat jarang digunakan di Indonesia. Bus tingkat sengaja dibuat waktu dulu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang kebanyakan masih menggunakan transportasi umum.

2. Helicak


Kendaraan yang satu ini memang tampak seperti becak motor. Namanya adalah helicak, sejenis cator, yang sudah menggunakan mesin untuk menggerakan kendaraan. Helicak eksis sekitar tahun 1980-an, tapi kini sudah tidak ada lagi. Disebut helicak karena bentuk bagian depannya yang tampak seperti helikopter.

3. Lori Wagon


Warga pribumi dan Belanda di Aceh menggunakan lori wagon sebagai alat transportasi mereka. Kendaraan ini mirip seperti becak hanya saja lebih sederhana lagi. Lori wagon eksis pada tahun 1930-an. Alat transportasi ini dulu dianggap sangat mewah.

 4. Perahu 

 Indonesia dulu juga sudah memiliki perahu kecil untuk transportasi air. Namun perahunya tampak sangat sederhana dan berukuran kecil yang hanya mampu menampung sedikit penumpang.

5. Trem

Dulu, beberapa kota di Indonesia memiliki jalur trem. Sementara itu, trem sendiri mirip dengan kereta listrik yang biasanya digunakan untuk melakukan perjalanan dalam kota. Sayangnya alat ini sudah tidak digunakan lagi di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar